Tutorial Lengkap Membuat Laporan Kerja Praktek yang Benar

Salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan suatu pekerjaan adalah melalui latihan praktek atau bekerja. Kerja praktek memberikan pengalaman berharga dan dapat menjadi modal yang dibutuhkan untuk memulai karir profesional. Namun, untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat, Kalian harus menulis laporan pekerjaan yang bermanfaat dan komprehensif. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan Kalian pelajaran bagaimana cara membuat laporan pekerjaan yang berguna dan dapat membantu Kalian mendapatkan kesan yang baik terhadap perusahaan tempat Kalian bekerja.

Yuk ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Persiapan

Sebelum membuat laporan kerja yang bermanfaat, pastikan bahwa Kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas dan tugas yang diberikan oleh perusahaan tempat Kalian bekerja. Pertimbangkan juga informasi penting dalam laporan berdasarkan pentingnya tugas akhir Kalian. Beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum menulis artikel bermanfaat antara lain:

- Putuskan topik

Mengidentifikasi topik laporan Kalian dapat membantu Kalian fokus pada diskusi dan aktivitas serta pengalaman yang Kalian alami selama karier Kalian. Pastikan topik laporan kerja yang bermanfaat dipilih sesuai dengan minat Kalian dan dapat memberikan nilai lebih pada pekerjaan terakhir Kalian.

- Persiapan data

Pastikan Kalian memiliki cukup data untuk membuat laporan pekerjaan yang berguna. Data tersebut dapat berupa dokumen yang Kalian buat, hasil penelitian, maupun penelitian lapangan dan eksperimen.

- Menyiapkan halaman utama

Topik tesis pekerjaan yang berguna harus disiapkan sebelum Kalian mulai menulis. Halaman judul harus mencantumkan judul artikel, identitas mahasiswa, identitas lembaga atau lembaga tempat Kalian masuk, redaksi, dan pembimbing lapangan.

2. Struktur laporan kerja bermanfaat

Laporan proyek yang bermanfaat biasanya memiliki beberapa langkah seperti pendahuluan, konteks, tujuan proyek, hasil yang diperoleh, kesimpulan dan rekomendasi. Selain itu, Kalian perlu memperhatikan struktur, kalimat, dan tata bahasa agar artikel terlihat profesional. Berikut adalah format laporan pekerjaan yang berguna yang benar:

- Nama halaman

Pada halaman pertama laporan kerja bermanfaat terdapat keterangan nama laporan, identitas mahasiswa, identitas lembaga atau perusahaan tempat pelaksanaan pekerjaan, penulis laporan dan pembimbing lapangan.

- Perkenalan

Pada bagian pendahuluan, Kalian harus menuliskan konteks dan tujuan magang, deskripsi pekerjaan yang Kalian lakukan selama pelatihan dan topik laporan kerja berguna yang Kalian pilih.

- Tinjauan Literatur

Bagian tinjauan literatur akan menguraikan referensi atau sumber yang Kalian gunakan untuk membuat laporan praktikum Kalian. Kalian dapat menulis buku, artikel, artikel, panduan atau referensi lain yang Kalian cari untuk membantu Kalian menulis laporan pekerjaan yang bermanfaat.

- Proses implementasi

Di bagian ini, Kalian akan menjelaskan proses lamaran dan aktivitas serta tugas yang Kalian lakukan selama bekerja di perusahaan. Uraian proses meliputi ruang lingkup, tugas, tujuan dan hasil.

- Hasil dan Diskusi

Bagian ini menyajikan hasil-hasil yang telah Kalian capai selama bekerja, dan pembahasan mendalam mengenai hasil-hasil tersebut. Kalian dapat menuliskan data, analisis atau hasil observasi yang relevan dengan topik laporan kerja yang bermanfaat.

- Kesimpulan

Setelah menjelaskan hasil dan pembahasan, sebaiknya Kalian menulis kesimpulan tentang hasil yang Kalian peroleh. Kesimpulannya harus konsisten dengan tujuan dan topik yang dipilih.

- Saran

Pada bagian terakhir laporan kerja yang bermanfaat, Kalian dapat memberikan saran atau rekomendasi mengenai perusahaan atau perusahaan tempat Kalian menyelesaikan pekerjaan Kalian. Strategi tersebut bisa berupa promosi, promosi, atau hal-hal lain yang dapat membantu bisnis berkembang.

3. Halaman akhir dan daftar pustaka

Setelah menjelaskan seluruh struktur dalam laporan lab, Kalian juga harus menyertakan beberapa halaman informasi terkait seperti kesimpulan, daftar pustaka, dan lampiran. Kesimpulannya berisi kata-kata yang sopan seperti terima kasih atas rekomendasi atasan Kalian atau terima kasih untuk perusahaan tempat Kalian masuk. Sedangkan untuk buku teks, Kalian bisa menyertakan banyak referensi yang sudah pernah Kalian gunakan. Pastikan untuk menyertakan referensi yang dapat dipertimbangkan dan memiliki nilai akademis yang tinggi.

Penutup

Demikian panduan lengkap cara menulis laporan pekerjaan yang baik dan profesional. Dengan memiliki riwayat pekerjaan yang baik dan berharga, Kalian dapat meningkatkan peluang Kalian untuk mendapatkan panggilan kerja lagi. Ikuti terus Kami untuk informasi lebih lanjut mengenai karir dan dunia kerja. Semoga panduan ini dapat membantu Kalian dalam menyusun laporan pekerjaan yang bermanfaat sesuai harapan Kalian. Terima kasih telah mengunjungi Kami.

Posting Komentar

advertise
advertise
advertise
advertise