Tutorial Lengkap Membuat Laporan Kerja Praktek yang Benar
Salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan suatu pekerjaan adalah melalui latihan praktek atau bekerja. Kerja praktek memberikan pengalaman berharga dan dapat menjadi modal yang dibutuhkan untuk memulai karir profesional. Namun, untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat, Kalian harus menulis laporan pekerjaan yang bermanfaat dan komprehensif. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan Kalian pelajaran bagaimana cara membuat laporan pekerjaan yang berguna dan dapat membantu Kalian mendapatkan kesan yang baik terhadap perusahaan tempat Kalian bekerja.
Yuk ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Persiapan
Sebelum membuat laporan kerja yang bermanfaat, pastikan
bahwa Kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas dan tugas yang diberikan
oleh perusahaan tempat Kalian bekerja. Pertimbangkan juga informasi penting
dalam laporan berdasarkan pentingnya tugas akhir Kalian. Beberapa poin penting
yang harus diperhatikan sebelum menulis artikel bermanfaat antara lain:
- Putuskan topik
Mengidentifikasi topik laporan Kalian dapat membantu Kalian
fokus pada diskusi dan aktivitas serta pengalaman yang Kalian alami selama
karier Kalian. Pastikan topik laporan kerja yang bermanfaat dipilih sesuai
dengan minat Kalian dan dapat memberikan nilai lebih pada pekerjaan terakhir Kalian.
- Persiapan data
Pastikan Kalian memiliki cukup data untuk membuat laporan
pekerjaan yang berguna. Data tersebut dapat berupa dokumen yang Kalian buat,
hasil penelitian, maupun penelitian lapangan dan eksperimen.
- Menyiapkan halaman utama
Topik tesis pekerjaan yang berguna harus disiapkan sebelum Kalian
mulai menulis. Halaman judul harus mencantumkan judul artikel, identitas
mahasiswa, identitas lembaga atau lembaga tempat Kalian masuk, redaksi, dan
pembimbing lapangan.
2. Struktur laporan kerja bermanfaat
Laporan proyek yang bermanfaat biasanya memiliki beberapa
langkah seperti pendahuluan, konteks, tujuan proyek, hasil yang diperoleh,
kesimpulan dan rekomendasi. Selain itu, Kalian perlu memperhatikan struktur,
kalimat, dan tata bahasa agar artikel terlihat profesional. Berikut adalah
format laporan pekerjaan yang berguna yang benar:
- Nama halaman
Pada halaman pertama laporan kerja bermanfaat terdapat
keterangan nama laporan, identitas mahasiswa, identitas lembaga atau perusahaan
tempat pelaksanaan pekerjaan, penulis laporan dan pembimbing lapangan.
- Perkenalan
Pada bagian pendahuluan, Kalian harus menuliskan konteks dan
tujuan magang, deskripsi pekerjaan yang Kalian lakukan selama pelatihan dan
topik laporan kerja berguna yang Kalian pilih.
- Tinjauan Literatur
Bagian tinjauan literatur akan menguraikan referensi atau
sumber yang Kalian gunakan untuk membuat laporan praktikum Kalian. Kalian dapat
menulis buku, artikel, artikel, panduan atau referensi lain yang Kalian cari
untuk membantu Kalian menulis laporan pekerjaan yang bermanfaat.
- Proses implementasi
Di bagian ini, Kalian akan menjelaskan proses lamaran dan
aktivitas serta tugas yang Kalian lakukan selama bekerja di perusahaan. Uraian
proses meliputi ruang lingkup, tugas, tujuan dan hasil.
- Hasil dan Diskusi
Bagian ini menyajikan hasil-hasil yang telah Kalian capai
selama bekerja, dan pembahasan mendalam mengenai hasil-hasil tersebut. Kalian
dapat menuliskan data, analisis atau hasil observasi yang relevan dengan topik
laporan kerja yang bermanfaat.
- Kesimpulan
Setelah menjelaskan hasil dan pembahasan, sebaiknya Kalian
menulis kesimpulan tentang hasil yang Kalian peroleh. Kesimpulannya harus
konsisten dengan tujuan dan topik yang dipilih.
- Saran
Pada bagian terakhir laporan kerja yang bermanfaat, Kalian
dapat memberikan saran atau rekomendasi mengenai perusahaan atau perusahaan
tempat Kalian menyelesaikan pekerjaan Kalian. Strategi tersebut bisa berupa
promosi, promosi, atau hal-hal lain yang dapat membantu bisnis berkembang.
3. Halaman akhir dan daftar pustaka
Setelah menjelaskan seluruh struktur dalam laporan lab, Kalian
juga harus menyertakan beberapa halaman informasi terkait seperti kesimpulan,
daftar pustaka, dan lampiran. Kesimpulannya berisi kata-kata yang sopan seperti
terima kasih atas rekomendasi atasan Kalian atau terima kasih untuk perusahaan
tempat Kalian masuk. Sedangkan untuk buku teks, Kalian bisa menyertakan banyak
referensi yang sudah pernah Kalian gunakan. Pastikan untuk menyertakan
referensi yang dapat dipertimbangkan dan memiliki nilai akademis yang tinggi.
Penutup
Demikian panduan lengkap cara menulis laporan pekerjaan yang
baik dan profesional. Dengan memiliki riwayat pekerjaan yang baik dan berharga,
Kalian dapat meningkatkan peluang Kalian untuk mendapatkan panggilan kerja
lagi. Ikuti terus Kami untuk informasi lebih lanjut mengenai karir dan dunia
kerja. Semoga panduan ini dapat membantu Kalian dalam menyusun laporan
pekerjaan yang bermanfaat sesuai harapan Kalian. Terima kasih telah mengunjungi
Kami.
Posting Komentar